Pengertian Media, Teknologi,
Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran
A. Pengertian Media
Secara
harfiah kata media memiliki arti ”perantara” atau “pengantar”. Association
for Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media
yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi.
Sedangkan education association (NEA)
mendifinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar,
dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam
kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program
instruktional.
Jadi
bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan,
perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses
belajar terjadi.
B.
Teknologi
Secara etimologi kata teknologi berasal dari kata “techne” yang
berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan
pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang
prinsip-prinsip atau metode dan seni. Teknologi adalah metode ilmiah untuk
mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa berarti
keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi
kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata ”instruction” yang dalam
bahasa Yunani disebut instructus atau “intruere” yang berarti
menyampaikan pikiran, dengan demikian arti instruksional (pembelajaran) adalah
menyampaikan pikiran atau ide yang telah diolah secara bermakna melalui
pembelajaran. Pengertian ini lebih mengarah kepada guru sebagai pelaku
perubahan.
Teknologi
pembelajaran mengandung konotasi penggunaan peralatan atau mesin yang rumit
sebagai ciri utamanya. Konotasi atau pengaitan itu tidak selamanya benar,
karena teknologi pndidikan dapat berarti suatu pendekatan yang kritis, logis,
sistematis dan ilmiah terhadap pendidikan.
Istilah
teknologi pendidikan (educational technology) atau teknologi pengajaran
(instructinal technology) secara umum dapat diartikan sebagai penerapan
teknologi, khususnya teknologi komunikasi, untuk kegiatan pendidikan atau pengajaran.
Yang paling penting disini adalah proses integrasi antara manusia, ide,
organisasi dan peralatan.
Teknologi pembelajaran merupakan usaha sistematis dalam merancang,
melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan
pembelajaran khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar
dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan
nonmanusia agar belajar dapat berlangsung efektif.
1.
Definisi Silber 1970
Teknologi
pembelajaran adalah pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan
pasokan, dan pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan,
peralatan, teknik, dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi
dan personil) secara sistematis, dengan tujuan untuk memecahkan masalah
belajar.
2.
Definisi MacKenzie dan Eraut 1971
Teknologi
pendidikan merupakan suatu studi yang sistematis mengenai cara bagaimana tujuan
pendidikan dapat dicapai.
3.
Definisi AECT 1972
Teknologi
pendidikan adalah suatu bidang garapan yang berkepentingan dengan memfasilitasi
belajar pada manusia melalui usaha sistematis dalam identifikasi, pengembangan,
pengorganisasian dan pemanfaatan berbagai macam sumber belajar serta dengan
pengelolaan atas keseluruhan proses tersebut.
4.
Definisi menurut Anglin 1995
Teknologi
pendidikan adalah kombinasi dari pembelajaran, bealajar, pengembangan,
pengelolaan dan teknologi lain yang diterapkan untuk memecahkan masalah
pendidikan.
5.
Definisi menurut Hackbarth 1996
Teknologi
pendidikan adalah konsep multidimensional yang meliputi:
1)
suatu proses sistematis yang melibatkan penerapan pengetahuan dalam
upaya mencari solusi yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah-masalah
belajar dan pembelajaran;
2)
produk seperti buku teks, program audio, program televisi, software
computer dan lain-lain;
3)
suatu profesi yang terdiri dari berbagai kategori pekerjaan; dan
4)
merupakan bagian spesifik dari pendidikan.
Berdasarkan
definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
1) teknologi
pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu atau bidang garapan;
2) istilah
teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan;
3) tujuan utama
teknologi pembelajaran adalah (a) untuk memecahkan masalah belajar atau
memfasilitasi pembelajaran, dan (b) untuk meningkatkan kinerja;
4) menggunakan
pendekatan sistemis (holistik atau menyeluruh);
5) kawasan
teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis,
desain, pengembangan, pemanfaatan pengelolaan implementasi dan evaluasi baik
proses-proses maupun sumber-sumber belajar;
6) teknologi
pembelajaran tidak hanya bergerak di sekolah tapi juga dalam semua aktivitas
manusia (seperti perusahaan, keluarga, organisasi masyarakat dan lain-lain)
sejauh berkaitan dengan upaya memecahkan masalah belajar dan peningkatan
kinerja; dan
7) teknologi
diartikan secara luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tetapi juga
teknologi lunak (softtech).
C.
Pembelajaran
Pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar
informasi. Menurut Wikipedia, pengertian pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat
terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat,
serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pengertian pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat
belajar dengan baik.
Di
sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya
mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan,
guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran
hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat
memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek
psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran
ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar
saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar
dengan peserta didik.
D.
Media
Pembelajaran
Setiap
proses pembelajaran akan mengenai sasaran bila menggunakan teknologi pengajaran
yang tepat. Salah satu teknologi dalam proses pengajaran itu adalah memilih
media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan
atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh
guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.
Alat bantu itu disebut media pendidikan, sedangkan komunikasi adalah sistem
penyampaiannya.
Menurut
Oemar Hamalik ada 4 klasifikasi media pengajaran, yaitu:
1. Alat-alat Visual yang dapat dilihat,
misalnya filmstrip, transparansi, micro
projection, papan tulis, buletin board,
gambar-gambar, ilustrasi, chart,grafik,
poster, peta, dan globe.
2. Alat-alat yang bersifat auditif atau
hanya dapat didengar misalnya; phonograph record, transkripsi electris, radio, rekaman
pada tape recorder.
3. Alat-alat yang bisa dilihat dan
didengar, mialnya film dan televisi, benda-benda tiga demensi yang biasanya
dipertunjukkan, misalnya; model, spicemens, bak pasir, peta electris, koleksi
diorama.
4. Dramatisasi, bermain peranan, sosiodrama,
sandiwara boneka, dan sebagainya.
KESIMPULAN
Ø Media merupakan suatu unsur yang
berperan penting dalam proses belajar mengajar sebagai sarana bagi guru atau
pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Ø Teknologi adalah suatu sistem yang
penting sebagai alat bantu dalam meningkatkan kinerja pembelajaran dan
memecahkan masalah belajar agar lebih efektif dan efisien.
Ø Pembelajaran adalah suatu proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan
baik sehingga terjadi proses pemorolehan ilmu dan pengetahuan.
Ø Media pembelajaran merupakan segala
alat, bahan, dan metode yang dapat
digunakan pendidik untuk menyampaikan informasi ke peserta didik sehingga dapat
mencapai proses pembelajaran yang bermutu.
0 Response to "Pengertian Media, Teknologi, Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran"
Post a Comment