Pengertian Media, Teknologi, Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran


Pengertian Media, Teknologi, Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran


A.    Pengertian Media

       Secara harfiah kata media memiliki arti ”perantara” atau “pengantar”. Association for Education and Communication Technology (AECT) mendefinisikan media yaitu segala bentuk yang dipergunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Sedangkan education association (NEA) mendifinisikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca atau dibicarakan beserta instrument yang dipergunakan dengan baik dalam kegiatan belajar mengajar, dapat mempengaruhi efektifitas program instruktional.
Jadi bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.

B.     Teknologi

       Secara etimologi kata teknologi berasal dari kata “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu, atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni. Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan. Teknologi juga bisa berarti keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Pembelajaran merupakan terjemahan dari kata ”instruction” yang dalam bahasa Yunani disebut instructus atau “intruere” yang berarti menyampaikan pikiran, dengan demikian arti instruksional (pembelajaran) adalah menyampaikan pikiran atau ide yang telah diolah secara bermakna melalui pembelajaran. Pengertian ini lebih mengarah kepada guru sebagai pelaku perubahan.

       Teknologi pembelajaran mengandung konotasi penggunaan peralatan atau mesin yang rumit sebagai ciri utamanya. Konotasi atau pengaitan itu tidak selamanya benar, karena teknologi pndidikan dapat berarti suatu pendekatan yang kritis, logis, sistematis dan ilmiah terhadap pendidikan.
Istilah teknologi pendidikan (educational technology) atau teknologi pengajaran (instructinal technology) secara umum dapat diartikan sebagai penerapan teknologi, khususnya teknologi komunikasi, untuk kegiatan pendidikan atau pengajaran. Yang paling penting disini adalah proses integrasi antara manusia, ide, organisasi dan peralatan.

       Teknologi pembelajaran merupakan usaha sistematis dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi keseluruhan proses belajar untuk suatu tujuan pembelajaran khusus, serta didasarkan pada penelitian tentang proses belajar dan komunikasi pada manusia yang menggunakan kombinasi sumber manusia dan nonmanusia agar belajar dapat berlangsung efektif.

1.      Definisi Silber 1970

Teknologi pembelajaran adalah pengembangan (riset, desain, produksi, evaluasi, dukungan pasokan, dan pemanfaatan) komponen sistem pembelajaran (pesan, orang, bahan, peralatan, teknik, dan latar) serta pengelolaan usaha pengembangan (organisasi dan personil) secara sistematis, dengan tujuan untuk memecahkan masalah belajar.

2.      Definisi MacKenzie dan Eraut 1971

Teknologi pendidikan merupakan suatu studi yang sistematis mengenai cara bagaimana tujuan pendidikan dapat dicapai.

3.      Definisi AECT 1972

Teknologi pendidikan adalah suatu bidang garapan yang berkepentingan dengan memfasilitasi belajar pada manusia melalui usaha sistematis dalam identifikasi, pengembangan, pengorganisasian dan pemanfaatan berbagai macam sumber belajar serta dengan pengelolaan atas keseluruhan proses tersebut.

4.      Definisi menurut Anglin 1995

Teknologi pendidikan adalah kombinasi dari pembelajaran, bealajar, pengembangan, pengelolaan dan teknologi lain yang diterapkan untuk memecahkan masalah pendidikan.

5.      Definisi menurut Hackbarth 1996

       Teknologi pendidikan adalah konsep multidimensional yang meliputi:
1)      suatu proses sistematis yang melibatkan penerapan pengetahuan dalam upaya mencari solusi yang dapat digunakan dalam memecahkan masalah-masalah belajar dan pembelajaran;
2)      produk seperti buku teks, program audio, program televisi, software computer dan lain-lain;
3)      suatu profesi yang terdiri dari berbagai kategori pekerjaan; dan
4)      merupakan bagian spesifik dari pendidikan.

       Berdasarkan definisi-definisi diatas dapat disimpulkan bahwa:
1)      teknologi pembelajaran adalah suatu disiplin ilmu atau bidang garapan;
2)      istilah teknologi pembelajaran dipakai bergantian dengan istilah teknologi pendidikan;
3)     tujuan utama teknologi pembelajaran adalah (a) untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran, dan (b) untuk meningkatkan kinerja;
4)      menggunakan pendekatan sistemis (holistik atau menyeluruh);
5)     kawasan teknologi pembelajaran dapat meliputi kegiatan yang berkaitan dengan analisis, desain, pengembangan, pemanfaatan pengelolaan implementasi dan evaluasi baik proses-proses maupun sumber-sumber belajar;
6)      teknologi pembelajaran tidak hanya bergerak di sekolah tapi juga dalam semua aktivitas manusia (seperti perusahaan, keluarga, organisasi masyarakat dan lain-lain) sejauh berkaitan dengan upaya memecahkan masalah belajar dan peningkatan kinerja; dan
7)      teknologi diartikan secara luas, bukan hanya teknologi fisik (hardtech), tetapi juga teknologi lunak (softtech).

C.     Pembelajaran

       Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Menurut Wikipedia, pengertian pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pengertian pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik.
       Di sisi lain pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, tetapi sebenarnya mempunyai konotasi yang berbeda. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. Sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik.

D.    Media Pembelajaran
        Setiap proses pembelajaran akan mengenai sasaran bila menggunakan teknologi pengajaran yang tepat. Salah satu teknologi dalam proses pengajaran itu adalah memilih media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar mengajar yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik. Alat bantu itu disebut media pendidikan, sedangkan komunikasi adalah sistem penyampaiannya.

Menurut Oemar Hamalik ada 4 klasifikasi media pengajaran, yaitu:
1.     Alat-alat Visual yang dapat dilihat, misalnya filmstrip, transparansi, micro projection, papan tulis, buletin board, gambar-gambar, ilustrasi, chart,grafik, poster, peta, dan globe.
2.     Alat-alat yang bersifat auditif atau hanya dapat didengar misalnya; phonograph record, transkripsi electris, radio, rekaman pada tape recorder.
3.      Alat-alat yang bisa dilihat dan didengar, mialnya film dan televisi, benda-benda tiga demensi yang biasanya dipertunjukkan, misalnya; model, spicemens, bak pasir, peta electris, koleksi diorama.
4.      Dramatisasi, bermain peranan, sosiodrama, sandiwara boneka, dan sebagainya.




KESIMPULAN

Ø  Media merupakan suatu unsur yang berperan penting dalam proses belajar mengajar sebagai sarana bagi guru atau pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Ø  Teknologi adalah suatu sistem yang penting sebagai alat bantu dalam meningkatkan kinerja pembelajaran dan memecahkan masalah belajar agar lebih efektif dan efisien.
Ø  Pembelajaran adalah suatu proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik sehingga terjadi proses pemorolehan ilmu dan pengetahuan.
Ø  Media pembelajaran merupakan segala alat, bahan, dan metode  yang dapat digunakan pendidik untuk menyampaikan informasi ke peserta didik sehingga dapat mencapai proses pembelajaran yang bermutu.

0 Response to "Pengertian Media, Teknologi, Pembelajaran, Dan Media Pembelajaran"

Post a Comment