KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran sangat berperan untuk keberhasilan proses
belajar mengajar. Peranan media pembelajaran terutama adalah untuk membantu
penyampaian materi kepada siswa. Dalam hal ini bisa terlihat bahwa tingkat
kualitas atau hasil belajar juga dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran
yang digunakan.
Untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran yang baik agar
dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses belajar mengajar, maka
diperlukan pemilihan dan perencanaan penggunaan media pembelajaran yang baik
dan tepat. Pemilihan media pembelajaran yang tepat ini menjadikan media
pembelajaran efektif digunakan dan tidak sia-sia jika diterapkan.
Arsyad menjelaskan bahwa kriteria pemilihan media bersumber
dari konsep bahwa media pembelajaran merupakan bagian dari sistem instruksional
secara keseluruhan. Maka beberapa kriteria yang perlu diperhatikan dalam
pemilihan media pembelajaran yang baik adalah sebagai berikut:
- Sesuai Dengan Tujuan
Media pembelajaran harus dipilih
berdasarkan tujuan instruksional dimana akan lebih baik jika mengacu setidaknya
dua dari tiga ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini bertujuan agar
media pembelajaran sesuai dengan arahan dan tidak melenceng dari tujuan. Media
pembelajaran juga bukan hanya mampu mempengaruhi aspek intelegensi siswa, namun
juga aspek lain yaitu sikap dan perbuatan.
- Tepat Mendukung Materi yang Bersifat Fakta, Konsep, Prinsip, dan Generalisasi
Tidak semua materi dapat disajikan
secara gamblang melalui media pembelajaran, terkadang harus disajikan dalam
konsep atau simbol atau sesuatu yang lebih umum baru kemudian disertakan
penjelasan. Ini memerlukan proses dan keterampilan khusus dari siswa untuk
memahami hingga menganalisis materi yang disajikan. Media pembelajaran yang
dipilih hendaknya mampu diselaraskan menurut kemampuan dan kebutuhan siswa dalam
mendalami isi materi.
- Praktis, Luwes, dan Bertahan
Media pembelajaran yang dipilih tidak
harus mahal dan selalu berbasis teknologi. Pemanfaatan lingkungan dan sesuatu
yang sederhana namun secara tepat guna akan lebih efektif dibandingkan media
pembelajaran yang mahal dan rumit. Simpel dan mudah dalam penggunaan, harga
terjangkau dan dapat bertahan lama serta dapat digunakan secara terus menerus
patut menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih media pembelajaran.
- Mampu dan Terampil Menggunakan
Apapun media yang dipilih. guru harus
mampu menggunakan media tersebut. Nilai dan manfaat media pembelajaran sangat
ditentukan oleh bagaimana keterampilan guru menggunakan media pembelajaran
tersebut. Keterampilan penggunaan media pembelajaran ini juga nantinya dapat
diturunkan kepada siswa sehingga siswa juga mampu terampil menggunakan media
pembelajaran yang dipilih.
- Pengelompokan Sasaran
Siswa terdiri dari banyak kelompok
belajar yang heterogen. Antara kelompok satu dengan yang lain tentu tidak akan
sama. Untuk itu pemilihan media pembelajaran tidak dapat disama ratakan, memang
untuk media pembelajaran tertentu yang bersifat universal masih dapat
digunakan, namun untuk yang lebih khusus masing-masing kelompok belajar harus
dipertimbangkan pemilihan media pembelajaran untuk masing-masing kelompok.
Hal yang perlu
diperhatikan mengenai kelompok belajar siswa sebagai sasaran ini misalnya besar
kecil kelompok yang bisa digolongkan menjadi 4 yaitu kelompok besar, kelompok
sedang, kelompok kecil, dan perorangan. Latar belakang secara umum tiap kelompok perli diperhatikan
seperti latar belakang ekonomi, sosial, budaya, dan lain-lain. Kemampuan
belajar masing-masing siswa dalam kelompok juga wajib diperhatikan untuk
memilih mana media pembelajaran yang tepat untuk dipilih.
- Mutu Teknis
Pemilihan media yang akan digunakan
harum memenuhi persyaratan teknis tertentu. Guru tidak bisa asal begitu saja
menentukan media pembelajaran meskipun sudah memenuhi kriteria sebelumnya. Tiap
produk yang dijadikan media pembelajaran tentu memiliki standar tertentu
agar produk tersebut layak digunakan, jika produk tersebut belum memiliki
standar khusus guru harus mampu menentukan standar untuk produk tersebut agar
dapat digunakan untuk media pembelajaran.
KESIMPULAN
Dapat
disimpulkan bahwa pemilihan media pembelajaran yang akan digunakan dalam
pembelajaran yang memperhatikan kereteria-kereteria tersebut akan menghasilkan
atau menemukan media media pembelajaran yang berkualitas dan tepat untuk
digunakan dalam materi pembelajaran.
0 Response to "KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment