FUNGSI,
JENIS dan KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi Dasar
1.
Mengerti dan memahami fungsi media pembelajaran
2.
Mengerti dan memahami jenis media pembelajaran
3.
Mengerti dan memahami manfaat media pembelajaran
Pendahuluan
Kata media merupakan
bentuk jamak dari kata medium. Medium dapat didefinisikan sebagai perantara
atau pengantar terjadinya komunikasi dari pengirim menuju penerima (Heinich et.al.,
2002; Ibrahim, 1997; Ibrahim et.al., 2001). Media merupakan salah satu
komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju
komunikan (Criticos, 1996).
Berdasarkan definisi
tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran merupakan proses
komunikasi. Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, guru
(komunikator), bahan pembelajaran, media
pembelajaran, siswa (komunikan), dan tujuan pembelajaran. Jadi, Media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
(bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan
perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.
B. Fungsi Media Pembelajaran
Dalam
proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa
informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan
metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima danmengolah
informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Menurut Hamalik yang di kutip Azhar Arsyad (2002: 15) mengemukakan bahwa
“Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan
keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan
belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psokologis terhadap siswa".
Media pembelajaran, menurut Kemp dan Dayton dalam
bukunya Azhar Arsyad(2002: 9) menyatakan bahwa “ Media pembelajaran dapat
memnuhi tiga fungsi utama apabila media itu digunakan untuk perorangan,
kelompok, atau kelompok pendengar yang besar jumlahnya, yaitu:
(1) Memotivasi minat atau tindakan
(2) Menyampikan informasi
METODE
DEM
|
GURU
|
SISWA
|
MEDIA
|
PESAN
|
Sumber yang lain menyebutkan bahwa, fungsi media pembelajaran antara lain:
1. Menyampaikan informasi dalam proses belajar mengajar.
2. Melengkapi dan memperkaya informasi dalam kegiatan belajar mengajar.
3. Mendorong motivasi belajar.
4. Menambah variasi dalam penyajian materi.
5. Menambah pengertian nyata tentang suatu pengetahuan.
6. Memungkinkan siswa memilih kegiatan
belajar sesuai dengan kemampuan, bakat dan minatnya.
7. Mudah dicerna dan tahan lama dalam
menyerap pesan-pesan (informasinya sangat membekas dan tidak mudah lupa)
(Rohani, 1997: 9).
C. Jenis-jenis Media Pembelajaran
Media merupakan bahan atau perangkat lunak (software) berisi
pesan atau informasi pendidikan yang biasanya disajikan dengan menggunakan
peralatan. Peralatan atau perangkat keras (hardware) merupakan sarana
untuk dapat menampilkan pesan yang terkandung pada media tersebut. Dengan
masuknya pengaruh ilmu cetak-mencetak, perilaku, komunikasi, dan perkembangan
teknologi elektronik, media mengalami perkembangan dengan menampilkan berbagai
jenis dan karakteristiknya (modul cetak, film, televisi, film bingkai, slide,
radio, komputer, dan sebagainya). Celce-Murcia (dalam van Els, 1984: 289)
membagi media atas dua kelompok, yakni:
(1) perangkat pengajaran nonteknis (non-technical teaching aids)
(2) perangkat projek
teknis (technical projected aids).
Terdapat enam jenis
dasar dari media pembelajaran menurut Heinich and
Molenda (2005) yaitu:
1.
Teks
·
Merupakan elemen dasar bagi menyampaikan suatu informasi yang
·
Mempunyai berbagai jenis dan bentuk tulisan yang berupaya memberi
daya tarik dalam penyampaian informasi.
2.
Media Audio
·
Membantu menyampaikan maklumat dengan lebih berkesan
·
Membantu meningkatkan daya tarikan terhadap sesuatu persembahan.
Jenis audio termasuk suara latar, musik, atau rekaman
suara dan lainnya.
3.
Media Visual
Media yang dapat memberikan rangsangan-rangsangan visual seperti gambar/foto,
sketsa, diagram, bagan, grafik, kartun, poster, papan
buletin dan lainnya.
4.
Media Proyeksi Gerak.
Termasuk di dalamnya film gerak, film gelang, program TV, video kaset
(CD, VCD, atau DVD)
5.
Benda-benda Tiruan / miniatur
Seperti benda-benda tiga dimensi yang dapat disentuh dan
dirabaoleh siswa. Media ini dibuat untuk mengatasi keterbatasan baik obyek
maupun situasi sehingga proses pembelajaran tetap berjalan dengan baik.
6.
Manusia.
Termasuk di dalamnya guru, siswa, atau pakar/ahli di bidang/materi tertentu.
D. Kegunaan Media Pembelajaran
Secara
umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru
dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif dan efisien. Secara lebih rinci, media pembelajaran mempunyai kegunaan sebagai berikut:
1.
Memperjelas penyajian suatu pesan agar tidak terlalu bersifat Verbalistis.
2.
Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera seperti:
a.
Obyek yang terlalu besar, dapat digantikan dengan realita, gambar,
film bingkai, film, gambar video, atau model.
b.
Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor mikro, film slide,gambar
video atau gambar.
c.
Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantudengan
timelapse, highspeed photografi atau slow motionplayback video.
d.
Kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu
dapatditampilkan lagi melalui rekaman film, video, atau foto.
e.
Obyek yang terlalu kompleks dapat disajikan dengan model,diagram,
dll.
f.
Konsep yang terlalu luas dapat divisualkan dalam bentuk
film,slide, gambar atau video.
3.
Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi
dapat mengatasi sikap pasif siswa. Dalam hal ini mediapembelajaran berguna
untuk:
a.
Menimbulkan gairah belajar.
b.
Memungkinkan interaksi langsung antara siswa dengan lingkungan dan kenyataan.
c.
Memungkinkan siswa belajar sendiri menurut minat dankemampuannya.
4.
Dengan sifat yang unik pada siswa juga dengan lingkungan dan pengalaman
yang berbeda-beda, sedangkan kurikulum dan materipembelajaran yang sama untuk
setiap siswa, masalah ini dapat diatasi dengan media pembelajaran dalam
kemampuannya:
a.
Memberikan perangsang yang sama.
b.
Menyamakan pengalaman.
c.
Menimbulkan persepsi yang sama.
5.
Efisiensi dalam waktu dan tenaga
Dengan
media tujuan belajar akan lebih mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan
tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan materi ajaran secara
berulang-ulang, sebab dengan sekali sajian menggunakan media, siswa akan lebih
mudah memahami pelajaran.
6.
Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja
Media pembelajaran dapat dirangsang sedemikian rupa sehingga siswa
dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun
tanpa tergantung seorang guru.Perlu kita sadari waktu belajar di sekolah sangat
terbatas dan waktu terbanyak justru di luar lingkungan sekolah.
7.
Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif
Guru dapat berbagi
peran dengan media sehingga banyak mamiliki waktu untuk memberi perhatian pada
aspek-aspek edukatif lainnya, seperti membantu kesulitan belajar siswa,
pembentukan kepribadian, memotivasi belajar, dan lain-lain
Sudjana dan Rivai dalam bukunya Azhar Arsyad (2002:
24) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar
siswa, yaitu:
1) Pembelajaran
akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
2) Bahan
pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa
dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran
3) Metode mengajar
akan bervariasi, tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan
kata-kata oleh guru, sehingga tidak bosan da guru tidak kehabisan tenaga,
apalagi kalau guru mengajar pada setiap pelajaran
4) Siswa dapat
lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab hanya mendengarkan uaraian guru,
tetapi juga aktivitas lain sperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan,
memerankan, dan lain-lain.
Menurut Encyclopedia of Educatioanal Reseach dalam
Hamalik yang dikutip Azhar Arsyad (2002: 25) merincikan manfaat media pendidikan sebagai
berikut:
- Meletakkan dasar-dasar yang konkret untuk berfikir, oleh karena itu mengurangi verbalisme.
- Memperbesar perhatian siswa
- Meletakkan dasar-dasar yang penting untuk perkembanganbelajar, oleh karena itu membuat pelajaran lebih mantap.
- Memberikan pengalaman nyata yang dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri dikalangan siswa.
- Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan kontinyu, terutama melalui gambar hidup.
- Membantu tumbuhnya pengertian yang dapat membantu perkembangan kemampuan berbahasa
- Memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain, dan membantu efisiensi dan keragaman yang banyak dalam belajar.
Selain
itu, kontribusi media pembelajaran adalah:
1) Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih
terstandar.
2) Pembelajaran dapat lebih menarik.
3) Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan
menerapkan teori belajar.
4) Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek.
5) Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
6) Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan
dimanapun diperlukan.
7) Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran
serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan.
E.
Ringkasan
Pada proses pembelajaran, media memiliki fungsi
sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan
metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah
informasi guna mencapai tujuan pembelajaran.
Media
merupakan bahan atau perangkat lunak (software) berisi pesan atau
informasi pendidikan yang biasanya disajikan dengan menggunakan peralatan.
Peralatan atau perangkat keras (hardware) merupakan sarana untuk dapat
menampilkan pesan yang terkandung pada media tersebut.
Terdapat enam jenis
dasar dari media pembelajaran menurut Heinich and
Molenda (2005) yaitu:
1.
Teks
2.
Media Audio
3.
Media Visual
4.
Media proyeksi gerak
5.
Benda tiruan (miniatur)
6.
Manusia
Secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar
interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih afektif
dan efisien.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad,
A. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Sadiman,
dkk. 1990. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.
0 Response to "FUNGSI, JENIS dan KEGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Post a Comment